TEMBOK YA'JUJ MA'JUJ | DAJJAL | YA’JUJ DAN MA’JUJ | al jassasah | wasiat ali bin abi thalib kepada hasan | hilal awal bulan romadhon | bid'ah maulid | bid'ah tahlilan

Sabtu, 08 Februari 2014

Ciri Ciri Wahabi

Mohon disebarkan

Ciri Ciri Wahabi
AQIDAH
1. Membagi Tauhid menjadi 3 bagian yaitu:
(a). Tauhid Rububiyyah: Dengan tauhid ini, mereka mengatakan bahwa kaum
musyrik Mekah dan orang- orang kafir juga mempunyai tauhid.
(b). Tauhid Uluhiyyah: Dengan tauhid ini, mereka menafikan tauhid umat Islam yang bertawassul, beristigathah dan bertabarruk sedangkan ketiga-tiga perkara tersebut diterima oleh jumhur ulama‟ Islam khasnya ulama‟ empat Imam madzhab.
(c.) Tauhid Asma’ dan Sifat: Tauhid versi mereka ini bisa menjerumuskan umat islam ke lembah tashbih dan tajsim kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala seperti: Menterjemahkan istiwa’ sebagai bersemayam/
bersila Merterjemahkan yad sebagai tangan Menterjemahkan wajh sebagai muka Menisbahkan jihah (arah)kepada Allah (arah atas –jihah ulya) Menterjemah janb sebagai lambung/rusuk Menterjemah nuzul sebagai turun dengan dzat Menterjemah saq sebagai betis Menterjemah ashabi’
sebagai jari-jari, dll Menyatakan bahawa Allah SWT mempunyai “surah” atau rupa Menambah bi dzatihi haqiqatan [dengan dzat secara hakikat] di akhir setiap ayat-ayat mutashabihat
2. Memahami ayat-ayat
mutashabihat secara zhahir tanpa
penjelasan terperinci dari ulama-
ulama yang mu’tabar
3. Menolak asy-Sya’irah dan al-
Maturidiyah yang merupakan
ulama’ Islam dalam perkara
Aqidah yang diikuti mayoritas
umat islam
4. Sering mengkrititik asy-
Sya’irah bahkan sehingga
mengkafirkan asy-Sya’irah.
5. Menyamakan asy-Sya’irah
dengan Mu’tazilah dan Jahmiyyah
atau Mu’aththilah dalam perkara
mutashabihat.
6. Menolak dan menganggap
tauhid sifat 20 sebagai satu
konsep yang
bersumberkanfalsafah Yunani dan
Greek.
7. Berselindung di sebalik mazhab
Salaf.
8. Golongan mereka ini dikenal
sebagai al-Hasyawiyyah, al-
Musyabbihah, al-
Mujassimah atau al-Jahwiyyah
dikalangan ulama’ Ahli Sunnah
wal Jama’ah.
9. Sering menuduh bahwa Abu
Hasan Al-Asy’ari telah kembali ke
mazhab Salaf setelah bertaubat
dari mazhab asy-Sya’irah.
Menuduh ulama’ asy-Sya’irah
tidak betul-betul memahami
faham Abu Hasan Al-Asy’ari.
10. Menolak ta’wil dalam bab
Mutashabihat.
11. Sering menuduh bahwa
mayoritas umat Islam telah jatuh
kepada perbuatan syirik.
12. Menuduh bahwa amalan
memuliakan Rasulullah Shollallohu
‘alaihi wa sallam [membaca
maulid dll] membawa kepada
perbuatan syirik.
13. Tidak mengambil pelajaran
sejarah para anbiya’, ulama’ dan
sholihin dengan
dalih menghindari syirik.
14. Pemahaman yang salah
tentang makna syirik, sehingga
mudah menghukumi orang
sebagai pelaku syirik.
15. Menolak tawassul, tabarruk
dan istighathah dengan para
anbiya’ serta sholihin.
16. Mengganggap tawassul,
tabarruk dan istighathah sebagai
cabang-cabang syirik.
17. Memandang remeh karamah
para wali [auliya’].
18. Menyatakan bahwa ibu bapa
dan datuk Rasulullah Shollallohu
‘alaihi wa sallam tidak selamat
dari adzab api neraka.
19. Mengharamkan mengucap
“radhiallahu ‘anha” untuk ibu
Rosulullah Shollallohu ‘alaihi wa
sallam, Sayyidatuna Aminah.
SIKAP
1. Sering membid’ahkan amalan
umat Islam bahkan sampai ke
tahap mengkafirkan
mereka.
2. Mengganggap diri sebagai
mujtahid atau berlagak sepertinya
(walaupun tidak layak).
3. Sering mengambil hukum
secara langsung dari al-Qur’an
dan hadits (walaupun tidak
layak).
4. Sering memtertawakan dan
meremehkan ulama’ pondok dan
golongan agama yang lain.
5. Ayat-ayat al-Qur’an dan Hadits
yang ditujukan kepada orang kafir
sering ditafsir ke atas orang Islam.
6. Memaksa orang lain berpegang
dengan pendapat mereka
walaupun pendapat itu syaz
(janggal).
HADITS
1. Menolak beramal dengan hadis
dho’if.
2. Penilaian hadits yang tidak
sama dengan penilaian ulama’
hadits yang lain.
3. Mengagungkan Nasiruddin al-
Albani di dalam bidang ini
[walaupun beliau tidak
mempunyai sanad bagi
menyatakan siapakah guru-guru
beliau dalam bidang hadits.
[Bahkan mayoritas muslim
mengetahui bahwa beliau tidak
mempunyai guru dalam bidang
hadits dan diketahui bahawa
beliau belajar hadits secara sendiri
dan ilmu jarh dan ta’dil beliau
adalah mengikut Imam al-
Dhahabi].
4. Sering menganggap hadits
dho’if sebagai hadits
mawdhu’ [mereka
mengumpulkan hadits dho’if dan
palsu di dalam satu kitab atau
bab seolah-olah kedua-dua
kategori hadits tersebut adalah
sama]
5. Pembahasan hanya kepada
sanad dan matan hadits, dan
bukan pada makna hadits. Oleh
karena itu, pebedaan
pemahaman ulama’ [syawahid]
dikesampingkan.
QUR’AN
1. Menganggap tajwid sebagai
ilmu yang menyusahkan dan
tidak perlu (Sebagian Wahabi
indonesia yang jahil)
FIQH
1. Menolak mengikuti madzhab
imam-imam yang empat; pada
hakikatnya
mereka bermadzhab “TANPA
MADZHAB”
2. Mencampuradukkan amalan
empat mazhab dan pendapat-
pendapat lain sehingga
membawa kepada talfiq
[mengambil yang disukai] haram
3. Memandang amalan bertaqlid
sebagai bid’ah; mereka
mengklaim dirinya berittiba’
4. Sering mengungkit dan
mempermasalahkan soal-soal
khilafiyyah
5. Sering menggunakan dakwaan
ijma’ ulama dalam masalah
khilafiyyah
6. Menganggap apa yang mereka
amalkan adalah sunnah dan
pendapat pihak lain adalah Bid’ah
7. Sering menuduh orang yang
bermadzhab sebagai ta’assub
[fanatik] mazhab
8. Salah faham makna bid‟ah
yang menyebabkan mereka
mudah membid‟ahkan orang lain
9. Mempromosikan madzhab fiqh
baru yang dinamakan sebagai
Fiqh al-Taysir, Fiqh al-Dalil, Fiqh
Musoffa, dll [yang jelas keluar
daripada fiqh empat mazhab]
10. Sering mewar-warkan agar
hukum ahkam fiqh
dipermudahkan dengan
menggunakan hadis “Yassiru wa
la tu’assiru, farrihu wa la
tunaffiru”
11. Sering mengatakan bahwa
fiqh empat madzhab telah
ketinggalan zaman
NAJIS
1. Sebagian mereka sering
mempermasalahkan dalil akan
kedudukan babi sebagai najis
mughallazhah
2. Menyatakan bahwa bulu babi
itu tidak najis karena tidak ada
darah yang mengalir.
WUDHU’
1. Tidak menerima konsep air
musta’mal
2. Bersentuhan lelaki dan
perempuan tidak membatalkan
wudhu’
3. Membasuh kedua belah telinga
dengan air basuhan rambut dan
tidak dengan air yang baru.
ADZAN
1. Adzan Juma’at sekali; adzan
kedua ditolak
SHALAT
1. Mempromosikan “Sifat Shalat
Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam‟,
dengan alasan kononnya shalat
berdasarkan fiqh madzhab adalah
bukan sifat shalat Nabi yang
benar
2. Menganggap melafazhkan
kalimat “usholli” sebagai bid’ah.
3. Berdiri dengan kedua kaki
mengangkang.
4. Tidak membaca “Basmalah‟
secara jahar.
5. Menggangkat tangan sewaktu
takbir sejajar bahu atau di depan
dada.
6. Meletakkan tangan di atas
dada sewaktu qiyam.
7. Menganggap perbedaan antara
lelaki dan perempuan dalam
shalat sebagai perkara bid‟ah
(sebagian Wahabiyyah Indonesia
yang jahil).
8. Menganggap qunut Subuh
sebagai bid’ah.
9. Menggangap penambahan “wa
bihamdihi” pada tasbih ruku’ dan
sujud adalah bid’ah.
10. Menganggap mengusap
muka selepas shalat sebagai
bid’ah.
11. Shalat tarawih hanya 8
rakaat; mereka juga mengatakan
shalat tarawih itu
sebenarnya adalah shalat malam
(shalatul-lail) seperti pada malam-
malam lainnya
12. Dzikir jahr di antara rakaat-
rakaat shalat tarawih dianggap
bid’ah.
13. Tidak ada qadha’ bagi shalat
yang sengaja ditinggalkan.
14. Menganggap amalan
bersalaman selepas shalat adalah
bid’ah.
15. Menggangap lafazh sayyidina
(taswid) dalam shalat sebagai
bid’ah.
16. Menggerak-gerakkan jari
sewaktu tasyahud awal dan akhir.
17. Boleh jama’ dan qashar
walaupun kurang dari dua
marhalah.
18. Memakai sarung atau celana
setengah betis untuk
menghindari isbal.
19. Menolak shalat sunnat
qabliyyah sebelum Juma’at
20. Menjama’ shalat sepanjang
semester pengajian, karena
mereka berada di landasan
Fisabilillah
DO’A, DZIKIR DAN BACAAN AL-
QUR’AN
1. Menggangap do’a berjama’ah
selepas shalat sebagai bid’ah.
2. Menganggap dzikir dan wirid
berjama’ah sebagai bid’ah.
3. Mengatakan bahwa membaca
“Sodaqallahul ‘azhim” selepas
bacaan al-Qur’an adalah Bid’ah.
4. Menyatakan bahwa do’a, dzikir
dan shalawat yang tidak ada
dalam al-Qur’an dan Hadits
sebagai bid’ah. Sebagai contoh
mereka menolak Dala’il al-Khairat,
Shalawat al-Syifa‟, al-Munjiyah, al-
Fatih, Nur al-Anwar, al-Taj, dll.
5. Menganggap amalan bacaan
Yasin pada malam Jum’at sebagai
bid’ah yang haram.
6. Mengatakan bahwa sedekah
atau pahala tidak sampai kepada
orang yang telah wafat.
7. Mengganggap penggunaan
tasbih adalah bid’ah.
8. Mengganggap zikir dengan
bilangan tertentu seperti 1000
(seribu), 10,000 (sepuluh ribu),
dll sebagai bid’ah.
9. Menolak amalan ruqiyyah
syar’iyah dalam pengobatan Islam
seperti wafa‟, azimat, dll.
10. Menolak dzikir isim mufrad:
Allah Allah.
11. Melihat bacaan Yasin pada
malam nisfu Sya’ban sebagai
bid’ah yang haram.
12. Sering menafikan dan
memperselisihkan keistimewaan
bulan Rajab dan Sya’ban.
13. Sering mengkritik keutamaan
malam Nisfu Sya’ban.
14. Mengangkat tangan sewaktu
berdoa’ adalah bid’ah.
15. Mempermasalahkan
kedudukan shalat sunat tasbih.
PENGURUSAN JENAZAH DAN
KUBUR
1. Menganggap amalan
menziarahi maqam Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam, para
anbiya’, awliya’, ulama’ dan
sholihin sebagai bid’ah dan shalat
tidak boleh dijama’ atau qasar
dalam ziarah seperti ini.
2. Mengharamkan wanita
menziarahi kubur.
3. Menganggap talqin sebagai
bid’ah.
4. Mengganggap amalan tahlil
dan bacaan Yasin bagi kenduri
arwah sebagai bid’ah yang
haram.
5. Tidak membaca do’a selepas
shalat jenazah.
6. Sebagian ulama’ mereka
menyeru agar Maqam Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam
dikeluarkan dari masjid nabawi
atas alasan menjauhkan umat
Islam dari syirik
7. Menganggap kubur yang
bersebelahan dengan masjid
adalah bid’ah yang haram
8. Do’a dan bacaan al-Quran di
perkuburan dianggap sebagai
bid’ah.
MUNAKAHAT [PERNIKAHAN]
1. Talak tiga (3) dalam satu majlis
adalah talak satu (1)
MAJLIS SAMBUTAN BERAMAI-
RAMAI
1. Menolak peringatan Maulid
Nabi; bahkan menyamakan
sambutan Mawlid Nabi dengan
perayaan kristen bagi Nabi Isa as.
2. Menolak amalan marhaban
para habaib
3. Menolak amalan barzanji.
4. Berdiri ketika bacaan maulid
adalah bid’ah
5. Menolak peringatan Isra’ Mi’raj,
dll.
HAJI DAN UMRAH
1. Mencoba untuk memindahkan
“Maqam Ibrahim as.” namun
usaha tersebut telah digagalkan
oleh al-Marhum Sheikh Mutawalli
Sha’rawi saat beliau menemuhi
Raja Faisal ketika itu.
2. Menghilangkan tanda telaga
zam-zam
3. Mengubah tempat sa’i di
antara Sofa dan Marwah yang
mendapat tentangan ulama’
Islam dari seluruh dunia
PEMBELAJARAN DAN
PENGAJARAN
1. Maraknya para professional
yang bertitle LC menjadi “ustadz-
ustadz‟ mereka (di Indonesia)
2. Ulama-ulama yang sering
menjadi rujukan mereka adalah:
a. Ibnu Taymiyyah al-
Harrani
b. Ibnu Qayyim al-
Jauziyyah
c. Muhammad bin Abdul
Wahhab
d. Sheihk Abdul Aziz bin
Baz
e. Nasiruddin al-Albani
f. Sheikh Sholeh al-
Utsaimin
g. Sheikh Sholeh al-Fawzan
h. Adz-Dzahabi dll.
3. Sering mendakwahkan untuk
kembali kepada al-Qura’an dan
Hadits (tanpa menyebut para
ulama’, sedangkan al-Qura’n dan
Hadits sampai kepada umat Islam
melalui para ulama’ dan para
ulama’ juga lah yang memelihara
dan menjabarkan kandungan al-
Qur’an dan Hadits untuk umat
ini)
4. Sering mengkritik Imam al-
Ghazali dan kitab “Ihya’
Ulumuddin”
PENGKHIANATAN MEREKA
KEPADA UMAT ISLAM
1. Bersekutu dengan Inggris
dalam menjatuhkan kerajaan
Islam Turki Utsmaniyyah
2. Melakukan perubahan kepada
kitab-kitab ulama’ yang tidak
sehaluan dengan mereka
3. Banyak ulama’ dan umat Islam
dibunuh sewaktu kebangkitan
mereka di timur tengah
4. Memusnahkan sebagian besar
peninggalan sejarah Islam seperti
tempat lahir Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wa sallam, meratakan
maqam al-Baqi’ dan al-Ma’la
[makam para isteri Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam di
Baqi’, Madinah dan Ma’la, Mekah],
tempat lahir Sayyiduna Abu Bakar
dll, dengan hujjah tempat
tersebut bisa membawa kepada
syirik.
5. Di Indonesia, sebagian mereka
dalu dikenali sebagai Kaum Muda
atau Mudah [karena hukum fiqh
mereka yang mudah, ia
merupakan bentuk ketaatan
bercampur dengan kehendak
hawa nafsu].
TASAWWUF DAN THARIQAT
1. Sering mengkritik aliran
Sufisme dan kitab-kitab sufi yang
mu’tabar
2. Sufiyyah dianggap sebagai
kesamaan dengan ajaran Budha
dan Nasrani
3. Tidak dapat membedakan
antara amalan sufi yang benar
dan amalan bathiniyyah yang
sesat.
Wallahu a’lam bish-Showab wal
hadi ila sabilil haq.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar